Kenali Penyebab Laptop Atau Komputer No Display (Blank Hitam)

Mengenal penyebab laptop sering no display

Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami saat menyalakan laptop atau komputer mendapati tampilan pada layar hanya blank hitam saja. Padahal, mesin laptop atau komputer Anda nyala dengan normal dan tanpa ada kendala. Kira – kira apa yang menjadi penyebabnya, serta bagaimana cara mengatasi persoalan tersebut? Silahkan disimak artikel ini sampai habis.

Penyebab layar laptop atau komputer tiba – tiba no display bisa terjadi karena beberapa sebab, oleh karena itu untuk memperbaikinya dibutuhkan beberapa pengecekan. Dari beberapa kejadian yang pernah saya temukan, penyebab utama masalah ini umumnya terjadi pada hardware atau perangkat keras. Sangat jarang masalah no display disebabkan oleh sistem operasi atau software, walaupun kemungkinannya saya yakin pasti ada.

Di bawah ini saya akan mengurutkan cara paling mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi permasalahan no display pada laptop atau komputer. Pastikan Anda tidak panik terlebih dahulu ya untuk mempraktekan-nya.

Cek kabel monitor

Cek kabel

Hal pertama yang bisa Anda coba periksa tentu saja adalah kabel, pastikan kabel monitor Anda dalam kondisi bagus. Kemudian periksa port display pada monitor sampai port display pada motherboard atau VGA Anda. Pastikan semuanya tersambung dengan benar, dan sebisa mungkin selalu jaga dengan kondisi bersih.

Jika pada bagian ini Anda sudah pastikan tidak ada kendala, sekarang mari lanjut pada pemeriksaan hardware lainnya.

Cek kondisi RAM

Cek RAM

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah cek kondisi RAM laptop atau komputer Anda. Pastikan RAM yang terpasang dalam kondisi bagus, jika Anda menggunakan konfigurasi dual RAM atau lebih, pastikan kesemua RAM tersebut dalam kondisi bagus dan berfungsi normal.

Masalah no display sering diakibatkan karena RAM tidak berfungsi dengan normal, atau bahkan mati. Anda bisa melakukan pengecekan dengan melepas salah satu RAM yang Anda pasang, jangan lupa periksa kondisi slot RAM apakah semuanya masih berfungsi dengan normal atau tidak.

Cek Baterai CMOS

Cek baterai cmos

Pada dasarnya komponen ini merupakan bagian dari komputer yang paling bisa bertahan lama. Karena jarang sekali bermasalah, komponen satu ini seringkali jarang diperhatikan dan diperiksa. Padahal jika komponen satu ini bermasalah, beberapa fungsi pada komputer atau laptop Anda akan mengalami gangguan, salah satunya no display.

Baterai CMOS mempunyai peranan penting pada sebuah setup komputer. Jika komponen ini sampai mati, biasanya komputer tidak akan stuck di pengaturan BIOS, tidak bisa booting, sampai menyebabkan sistem tidak bisa membaca RAM yang terpasang. Jika sudah begini biasanya komputer hanya akan menyala tanpa bisa menampilkan gambar (blank).

Untuk mengganti komponen ini sangatlah mudah, Anda tinggal melepas pengunci-nya lalu mencongkel-nya secara berlahan. Harganyapun murah, tidak sampai 10ribuan.

Terakhir jika Anda sudah melakukan pengecekan terhadap tiga komponen di atas, dan tidak menemukan masalah namun layar masih tetap no display. Anda bisa coba untuk mengecek kondisi monitor Anda. Bisa jadi sumber masalah ada pada panel monitor atau layar Anda yang sudah mati. Jika demikian, tidak ada jalan lain lagi selain membeli panel atau monitor baru.

Demikanlah artikel mengenai problem layar atau monitor no display. Semoga beberapa solusi di atas bisa mengatasi persoalan yang sedang Anda hadapi saat ini. Jika ada pertanyaan seputar tema artikel ini, Anda bisa menulisnya pada kolom komentar di bawah ini. Semoga membantu, terimakasih.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Blog Wisnu